Rabu, 23 April 2014

Sudah Ada 3 Universitas Negeri di Sumatera Membuka Jurusan Teknik Geologi


Karena kebutuhan seorang lulusan Insinyur Geologi yang makin meningkat maka banyak universitas- universitas di Indonesia yang membuka jurusan  Teknik Geologi. Sumatera merupakan daerah dengan potensi tertinggi di Indonesia dengan sumber daya alam (SDA) yang ada karena dilewati oleh sesar sumatera dan  ring of fire sehingga terdapat banyak gunung api aktif dengan segala kekayaan alam yang tersingkap di dalamnya, terdapat beberapa perusahaan besar yang ada di Sumatera bergerak pada sektor pertambangan maupun migas. Banyak Perusahaan yang ada di Sumatera yang mempunyai lulusan geologist dari luar Daerah Sumatera karena hanya sedikit geologist yang berasal dari Daerah Sumatera, seharusnya putera daerah mempunyai andil besar pada daerahnya. Di Pulau Jawa sendiri geologi merupakan jurusan yang paling banyak diminati

Ada 3 Universitas Negeri di Sumatera yang membuka ajaran baru 2014-2015 pada Jurusan Geologi diantaranya:

1. Universitas Sriwijaya http://www.unsri.ac.id/

2. Universitas Jambi (http://www.unja.ac.id)

3. Universitas Syiah Kuala (http://unsyiah.ac.id/)

Berbeda dengan 2 universitas lainnya, Universitas Sriwijaya telah menerima Mahasiswa baru pada ajaran 2013-2014.

Bagaimana dengan Akreditasi?

Itulah hal yang sering ditanyakan bila jurusan baru terbentuk, jika universitas membuka jurusan baru berarti itu adalah suatu hal yang sudah diputuskan dan disahkan oleh Mendikbud dan standar yang diberikan untuk jurusan baru adalah C.

Jadi bagaimana jika lulus nanti? Akreditasi C hanya sedikit yang dipertimbangkan di perusahaan kelak




Kekhawatiran itulah yang sering timbul dalam bayangan, dalam penilaian suatu akreditasi dilihat dari proses belajar mengajar  dan apa output dan input dari proses yang dihasilkan. Itulah yang akan menjadi pertimbangan Mendikbud untuk memberikan akreditasi bila jurusan baru ingin mengajukan ke akreditasi yang lebih baik. Mungkin kekhawatiran itu bisa teratasi bila Mahasiswa- mahasiswa jurusan baru berupaya dengan baik untuk meraihnya dengan aktivitas- aktivitas yang dilakukan.

Acap kali orang tua menginginkan jika anaknya kuliah nanti menjadi seorang dokter, karena banyak orang yang menggangap dokter merupakan suatu pencapaian terbaik jika anaknya lulus dari jenjang SMA, tetapi bukan hanya menjadi seorang dokter, semua jurusan yang kita tekuni dengan baik sesuai dengan minat dan potensi yang kita miliki itu merupakan potensi terbaik yang kita capai.

Mungkin ada sebagian orang awam yang tidak mengenal prospek atau lulusan seorang geologist untuk bekerja. Geologi merupakan jurusan dengan minat paling tinggi di dunia, ada 3 Sektor pekerjaan yang dituju jika telah menjadi seorang Insinyur Geologi yaitu Mitigasi Bencana Alam bagi yang ingin bekerja di Pemerintahan, kemudian sektor Pertambangan ataupun Migas.

Geologi mempunyai peran yang amat penting, Insinyur Geologi mempunyai korelasi yang amat dekat dengan Insinyur Perminyakan ataupun Pertambangan dibanding dengan insinyur lainnya. Peran seorang geologist adalah mencari potensi SDA di dalam bumi dan kemudian mengeksplornya, sedangkan peran Insinyur Perminyakan dan Pertambangan ialah mengeksploitasi dengan data- data yang diberikan oleh seorang geologist.

Bagi orang tua banyak yang ingin menginginkan anaknya mempunyai gaji yang besar jika telah lulus kuliah nanti dan itu adalah suatu hal yang nyata dalam kehidupan dan geologist merupakan jawaban yang tepat karena merupakan lulusan dengan gaji terbesar. Seorang Geologist harus mempunyai soft skills, hard skills baik dalam kemampuan analisa yang tinggi, teamwork yang solid dan mempunyai mental yang kuat. Geologist merupakan pekerja lapangan yang biasanya bekerja di daerah- daerah terpencil dengan medan berat pada kesehariannya.

Kemudian bagaimana dengan mata kuliah jurusan geologi?

Sesuatu pencapaian yang hebat harus menempuh perjalanan yang hebat pula, jadi itu mungkin suatu istilah yang setimpal bila telah menetapkan ingin masuk pada jurusan geologi, karena untuk sebagian orang geologi merupakan jurusan dengan perjuangan yang cukup payah, pada tugas akhir nanti biasanya seorang mahasiswa akan mendapat tugas dari dosen pembimbing berupa memetakan daerah dengan cakupan yang luas dan mencari tahu segala sumber daya alam yang ada di dalamnya tetapi itu bukanlah hal yang sulit bila kita menekuni dan menjalankannya dengan serius dan sepenuh hati.

Jadi semua pilihan kembali pada diri kita masing- masing, bagaimana kita ingin mencapai kesuksesan dengan minat dan bakat yang dipunya. Jika kita sudah terjerumus dalam bidang tertentu, kita harus menyukai apa yang kita lakukan terkait dangan hal tersebut bukan hanya melakukan apa yang kita sukai demi tercapai hasil maksimal dengan jerih payah dalam memperjuangkan bidang tersebut

Tidak ada komentar: